Materi Pelatihan Sales, Customer Service dan Marketing

Bagi Anda yang ingin belajar mengenai seputar pemasaran seperti sales,  marketing serta customer service, ada baiknya mempelajari apa – apa saja materi dalam pelatihannya. Berikut adalah materi pelatihan yang cocok untuk sales training, customer service training dan marketing training:

  1. Sales Training

Dalam pelatihan sales ini, perlu ditekankan bahwa seorang sales haruslah memiliki sifat optimisme. Sehingga pada pelatihan diperlukan materi terkait karakteristik penentu keberhasilan seorang sales. Setelah diberikan materi dasar, untuk perusahaan atau perkantoran yang menyediakan jasa training diharapkan mengundang salah satu tokoh sales terbaik, sehingga nantinya beliau akan memberikan tips dan trik bagaimana menjadi seorang sales yang sukses dan mampu mencapai bahkan melebihi target yang ditentukan perusahaan.

Setelah itu, materi sales training juga perlu membahas mengenai beragam aplikasi yang sekiranya mampu membantu dalam proses promosi. Hal ini juga diharapkan mampu memudahkan sales dalam proses penjualan dan juga interaksi terhadap atasan serta konsumen (pelanggan).

  1. Customer Service Training

Pelatihan ini penting karena menyangkut pelayanan. Pelayanan yang baik dilihat dari ramahnya customer service dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Materi yang dibutuhkan dalam pelatihan ini adalah customer service harus lebih bersabar baik itu mendengar keluhan pelanggan atau pertanyaan pelanggan terkait produk. Selain itu, customer service harus menguasai produk yang dijual agar mudah menjelaskannya kepada pelanggan. Respon yang diberikan juga harus lebih cepat, karena atas nama pelanggan tentu ingin dilayani secepat mungkin.

  1. Marketing Training

Terdapat lima kunci marketing yang wajib diketahui marketer, yaitu analisis pelanggan, analisis produk, analisis harga, analisis distribusi dan analisis promosi. Untuk lebih jelasnya yuk simak uraian berikut:

  1. Analisis pelanggan akan berkaitan dengan apa saja yang sedang dibutuhkan pelanggan saat ini dan bagaimana pola serta karakteristik pelanggan. Misalnya ada pelanggan yang suka barang tertentu pada musim tertentu.
  2. Setelah itu, untuk analisis produk ini diperlukan pemikiran baru oleh marketer untuk memberikan inovasi pada produknya, sehingga dengan kata lain marketer perlu melihat efektifitas produknya, jika sudah out dari pasaran maka ada baiknya dieliminasi atau diinovasikan menjadi produk yang baru.
  3. kemudian adalah analisis harga. Analisis ini adalah yang terpenting karena harus mempertimbangkan banyak aspek. Tidak hanya aspek pelanggan dan juga aspek pengeluaran perusahaan. Marketer harus juga melihat bagaimana tingkat inflasi atau faktor –faktor eksternal lainnya yang dapat mempengaruhi harga.
  4. Analisis distribusi berbicara mengenai kemana saja produk harus disebar dan melalui apa saja. Hal ini juga tak kalah penting karena akan menyangkut beban atau biaya operasional perusahaan.
  5. Analisis promosi ini melihat bagaimana peluang iklan dan publikasi terhadap tingkat penjualan. Jangan sampai kesalahan dalam analisis ini membuat perusahaan rugi besar karena telah membuang uang melakukan iklan tetapi barang tidak terkenal juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *