Tahapan dalam Proses Cetak Offset Printing dalam Jasa Percetakan

Bagi Anda yang sering menggunakan jasa percetakan maka pastinya Anda sudah sangat akrab dengan istilah cetak offset printing, karena teknik offset printing ini yang sangat sering digunakan untuk mencetak suatu brosur, brosur dan lain sebagainya. Nah pastinya untuk menghasilkan hasil cetak yang bagus maka akan diperlukan beberapa tahap yang harus dilalui, maka dari itu saya akan menjelaskan beberapa tahapan untuk cetak offset printing.

  • Tahapan pra – cetak

Pada tahap ini biasanya yang harus kita siapkan adalah desain dari apa yang akan kita cetak, mendesain ini pastinya menggunakan perangkat komputer yang harus mendukung program untuk mendesain. Biasanya jasa percetakan akan mengatur dulu beberapa format seperti ukuran yang akan dicetak setelah selesai menentukan format ukuran maka selanjutnya adalah menentukan warna yang akan dipakai, biasanya pihak percetakan akan memberitahu dan juga memperlihatkan beberapa contoh hasil dari cetakan dengan beberapa warna tersebut.

Dalam tahap ini biasanya juga jasa percetakan mulai menghitung kebutuhan kertas dan juga jumlah kertas yang dibutuhkan untuk proses pencetakan. Setelah selesai mendesain maka kemudian desain itu akan direkam pada plat yang terbuat dari kertas ataupun aluminium, nantinya plat inilah yang akan dipasang pada mesin cetak tapi sekarang ini sudah banyak percetakan yang menggunakan mesin CTP sehingga lebih bisa menghemat waktu tanpa harus menggunakan plat.

  • Tahapan cetak

Dalam proses ini jasa percetakan akan mempersiapkan kebutuhan – kebutuhan yang diperlukan untuk tahap percetakan seperti memasang plat pada mesin cetak dan juga kertas dan tinta yang akan digunakan untuk mencetak. Dan juga biasanya di tahap cetak ini jasa percetakan akan memberikan contoh hasil cetakan Anda agar Anda bisa menilai apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda, setelah itu kalau menurut Anda sudah sesuai maka setelah itu baru akan dilakukan proses cetak sampai selesai.

  • Tahapan finishing

Tahapan ini adalah proses akhir dari proses pencetakan dan juga sebagai tahap pemberian sentuhan akhir agar hasil cetak terlihat rapi dan bagus sesuai dengan kemauan pelanggan. Proses finishing ini mulai dari melaminasi hasil cetakan dengan bahan doff, glossy, spot UV atau juga bisa dengan foil ataupun melakukan tahap emboss dengan cara menambahkan gambar atau tulisan yang memiliki tekstur timbul atau tenggelam.

Itulah beberapa proses ataupun tahapan dalam mencetak offset printing dan tahapan seperti di atas juga berlaku apada semua jasa percetakan dan juga untuk semua jenis produk percetakan. Dengan begitu semoga semua konsumen dapat mengetahui proses pencetakan dan juga bisa mengira – ngira estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencetak agar Anda tidak lagi mengeluh akan waktu pencetakan yang lama. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *