Jenis-jenis griddle serta kelebihan dan kekurangannya

Griddle adalah media masak yang terbuat dari plat logam yang bekerja dengan bantuan sumber panas yang menghantarkan panas secara induksi ke permukaan plat logam. Dalam artikel ini kita akan membahas 4 jenis griddle serta kekurangan dan kelebihannya.

 

Cast Iron Griddles

Adalah jenis griddle yang paling banyak digunakan, karena desainnya yang compact dan minimalis. Kelebihan dari griddle ini diantaranya : awet digunakan selama bertahun-tahun jika digunakan dan dirawat dengan benar, permukaan yang terbuat stainless steel yang kokoh membawa kemudahan tersendiri dalam memasak baik itu di atas api langsung atau di atas panggangan, terbuat dari logam yang aman bagi kesehatan. Sedangkan kekurangannya : bobotnya yang relatif berat dibanding jenis griddle lain, karena terbuat dari metal biasanya mudah berkarat jika tidak dirawat dengan baik, mudah pecah jika jatuh atau jika dipanaskan pada suhu yang terlalu tinggi, makanan akan menempel pada plat jika saat anda tidak menambahkan minyak saat memasak

 

Electric Griddles

Merupakan jenis griddle yang menggunakan sumber listrik untuk menghasilkan panas. Didesain dalam bentuk yang compact dan memiliki permukaan yang luas. Kelebihan dari griddle ini antara lain : panas yang dihasilkan lebih merata dan seragam, memiliki pengaturan suhu sehingga panas yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan. Sedangkan kekurangannya : kabel listrik bawaan dari griddle ini umumnya terlalu pendek sehingga sulit menjangkau sumber listrik, minyak yang terdapat pada tray griddle agak sulit dibersihkan karena griddle jenis ini biasanya menyatu dengan komponen listriknya sehingga harus berhati-hati agar tidak terjadi konslet.

 

Outdoor Griddles

Dari namanya jelas griddle ini digunakan untuk proses memasak di luar ruangan. Kelebihan dari outdoor griddle ini antara lain : memiliki permukaan stainless steel yang kokoh, didesain dengan ukuran standar sesuai kebanyakan alat panggang yang ada, permukaan yang relatif datar (tanpa cekungan) memudahkan anda untuk mengumpulkan sisa-sisa minyak pada tray sehingga tidak jatuh pada panggangan dan menyebabkan sulit dibersihkan, serta umumnya mudah dibersihkan karena tray stainless dapat dilepas dari panggangan dengan mudah. Sedangkan kekurangannya : Minyak dapat saja jatuh ke sisi panggangan sehingga sulit untuk dibersihkan, kebanyakan outdoor griddle tidak memiliki gagang (handle) sehingga berhati-hatilah saat mengangkat plat dari panggangan, serta beberapa bagian stainless dapat saja berkarat jika tidak dibersihkan dengan baik.

 

Griddle Pans

Adalah bagian utama dari sebuah griddle yang umumnya terbuat dari bahan anti lengket, walaupun kebanyakan griddle pans terbuat dari plat besi. Kelebihannya : terbuat dari aluminium melalui proses anodize sehingga pemanasan pada permukaan tersebar dengan rata, terbuat dari beberapa lapisan anti lengket, dapat dibersihkan dengan dishwasher maupun dikombinasikan dengan oven, serta mudah digunakan untuk memasak berbagai masakan. Kekurangannya hanya satu yakni jika terjadi pemanasan yang berlebihan akan menyebabkan bahan metal melengkung dan menjadi tidak rata saat digunakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *