Model Permainan Playground Outdoor Dan Fungsionalnya

Permainan edukatif lebih disarankan pada anak-anak. Jadi bukan permainan yang hanya sekadar mementingkan unsur kesenangan dan kemajuan teknologi semata. Saat ini sangat banyak model playground outdoor, yang sangat menunjang unsur edukasi. Nah, apa sajakah pilihannya?

Jembatan Goyang

Model permainan ini dirancang mirip jembatan gantung. Material permainan ini adalah besi untuk tiang penyangganya. Sedangkan sebagai pijakan digunakan tali atau kayu. Saat pijakannya digoyang menggunakan kaki, maka anak yang ada di belakang atau depan akan merasakan sensasi bergoyang-goyang. Fungsi dari permainan ini adalah untuk melatih ketertiban, kebersamaan, interaksi, keseimbangan, dan keberanian anak-anak.

Perosotan Anak

Jenis permainan ini hampir paling banyak digunakan di tempat umum. Biasanya mudah dijumpai di sekolah, rumah sakit atau poliklinik anak, taman rekreasi, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Seluncuran atau perosotan anak tidak hanya menyenangkan. Namun juga memiliki manfaat seperti melatih ketertiban, keseimbangan tubuh, dan keberanian.

Ayunan Anak

Sebenarnya tidak anak-anak saja yang senang dengan permainan ini. Tetapi hingga mereka tumbuh dewasa juga biasanya masih menyukai permainan menyenangkan tersebut. Khususnya bagi anak-anak perempuan. Ayunan termasuk pada permainan edukatif, sebab bisa memberikan suasana ceria pada anak-anak. Permainan ini pun bermanfaat dalam melatih jiwa sosial, ketertiban, keberanian, dan melatih gerak tangan serta kaki.

Jungkitan Anak

Sebutan lain dari permainan playground outdoor ini adalah jungkat jungkit. Selain seru dan menyenangkan, permainan jungkitan ini juga mempunyai manfaat bagi anak-anak. Manfaat itu seperti melatih ketertiban ana, interaksi anak dan menunjang dalam melatih motorik kasar anak-anak.

Tangga Pelangi

Bentuk dari permainan ini adalah melengkung mirip pelangi. Sedangkan penampilannya dihiasi warna warni memikat di setiap anak tangganya. Itulah kenapa permainan ini diberikan nama tangga pelangi. Tidak hanya disenangi anak-anak saja. Namun, model permainan luar ruangan ini juga bermanfaat bagi anak-anak. Karena bisa melatih kesabaran, ketertiban, kekuatan tangan dan kaki, serta sebagai wahana belajar warna.

Panjat Tali

Pastinya bentuk permainan ini tidak seperti panjat tali yang umumnya digunakan tentara untuk latihan perang. Oleh karena modelnya sudah dirancang agar disesuaikan dengan usia anak-anak. Umumnya bentuknya segitiga, dengan bagian kanan dan kirinya terdapat tali yang dililit berbentuk kotak. Ketinggiannya berkisar 1-1,5 meter saja. Manfaatnya bagi anak-anak adalah guna melatih kekuatan tangan dan kakinya.

Terowongan

Wahana permainan ini dibuat dari tong yang saling terhubung. Kemudian agar penampilannya menarik maka akan tong dilapisi dengan cat aneka warna. Selain berbahan dasar besi, terowongan itu juga bisa terbuat dari material fiber dan plastik. Secara umum, fungsinya untuk melatih keberanian, ketertiban, kekuatan tangan serta kakinya, dan sebagainya.

Nah, itulah sejumlah jenis playground outdoor yang banyak digunakan di berbagai tempat umum. Tentunya masih banyak lagi model permainan lainnya, yang bertujuan untuk memberikan fungsi lain bagi anak-anak. Jadi mereka bisa merasakan keseruan bermain sembari belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *