Tips Menggunakan Chinese Dim Sum Steamer Dari Bambu

Berbeda dengan kukusan yang terbuat dari stainless steel atau teflon, maka dim sum chinese steamer tradisional, yakni klakat, yang terbuat dari anyaman bambu, dapat menghasilkan dim sum yang harum dan beraroma dan memiliki tekstur yang alami. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kukusan dim sum tradisional dari anyaman bambu tersebut, yakni sebagai berikut.

Tips Menggunakan Dim Sum Steamer Tradisional

Pergunakan panci kukus atau wajan datar yang cukup lebarnya, dengan lebar yang lebih besar dari diameter klakat, dim sum steamer tradisional, dan cukup pula dalamnya, sehingga air kukusan tidak menyentuh bagian dasar klakatnya, yang dapat membuat lembek dan merusak struktur dim sum nya. Lalu juga sering-seringlah mengecek airnya supaya dim sum tidak menjadi gosong apabila airnya habis. Pergunakan bahan pelapis, seperti daun pisang atau daun pandan atau daun selada atau kertas minyak di bagian bawah klakat supaya adonan dim sum tidak lengket dan dapat menghasilkan aroma dim sum yang lebih harum dan khas selain dari aroma bambunya. Sedangkan jangka waktu rata-rata pengukusannya adalah sekitar lima belas menit, dim sum yang terbuat dari sayuran dan lebih kecil ukurannya akan lebih cepat matang jika dibandingkan dengan dim sum yang terbuat dari daging dan ukuran yang lebih besar.

Cara Perawatan Dan Membersihkan Dim Sum Steamer Tradisional

Rendam klakat dengan air panas, pada saat pertama kali beli dan belum pernah digunakan, dan jangan cuci dengan sabun dulu, supaya bau sabun tidak tertinggal pada sela anyaman bambu dim sum chinese steamer tradisional tersebut, yang dapat merusak aroma dan cita rasa dim sum yang akan dikukus nantinya. Jadi cukup rendam saja kukusan klakat baru tersebut dalam air panas selama sekitar tiga puluh menit atau sekitar setengah jam, lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan. Demikian pula setelah klakat dipergunakan, maka dapat dibersihkan dengan sabun cuci dengan busa spon sebagai alat mencucinya, lalu angin-anginkan hingga kering benar baru dapat disimpan supaya tidak berjamur.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai tips menggunakan dim sum chinese steamer tradisional yang terbuat dari anyaman bambu, yakni klakat, sehingga dapat awet dan bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *